Ini Hasil Uji Tabrak Hyundai Creta dan Stargazer di ASEAN NCAP

Photo : Crash test Hyundai Creta ASEAN NCAP

Andalan MotorsASEAN NCAP (New Car Assessment Program) telah merilis hasil uji tabrak atau crash test yang dilakukan terhadap Hyundai Creta dan Hyundai Stargazer melalui situs resminya pada 7 desember lalu di Kajang, Malaysia.

Hyundai Creta dan Stargazer yang diproduksi di pabrik Cikarang, Indonesia juga telah diekspor ke beberapa negara ASEAN, sehingga uji tabrak diwajibkan pada kedua mobil ini di ASEAN NCAP.

Creta dan Stargazer merupakan mobil pertama Hyundai pada segmen SUV dan MPV yang mendapatkan penilaian dari aspek keselamatan dan keamanannya. Namun, menjadi mobil ketujuh Hyundai yang diuji tabrak ASEAN NCAP.

Hyundai Creta rating bintang 5

Hasilnya cukup mengejutkan, Hyundai Creta memperoleh rating bintang 5 dari total skor 75,78 poin. Lebih detailnya, skor 34,72 poin pada kategori Adult Occupant Protection (AOP), 15,56 poin di kategori Child Occupant Protection (COP), 14,08 poin kategori Safety Assist (SA), dan 11,42 poin untuk kategori Motorcyclist Safety (MS).

Hyundai Stargazer rating bintang 4

Photo : Crash test Hyundai Stargazer ASEAN NCAP

Sementara itu, Hyundai Stargazer mendapatkan rating bintang 4 dengan skor 66,48 poin. Dengan rincian, 31,21 poin di kategori AOP, 14,48 poin pada kategori COP, 12,04 poin di kategori SA, dan 8,75 poin untuk kategori MS.

Ini merupakan hasil yang baik, terutama untuk Hyundai Creta yang meraih bintang maksimal. Pihak ASEAN NCAP pun menyatakan pujiannya untuk kedua mobil ini.

“Kami bangga Hyundai memberikan fitur RCAA, teknologi untuk keselamatan pengendara sepeda motor, dan teknologi CPD pada model SUV-nya, Hyundai Creta,” menurut keterangan resmi dari ASEAN NCAP.

“Penilaian tinggi ASEAN NCAP kepada Creta dan Stargazer menandai komitmen Hyundai untuk menyediakan mobil penumpang yang lebih aman kepada masyarakat,” lanjutnya.

Selain kedua fitur tersebut, masih banyak fitur keselamatan lain pada Hyundai Creta, seperti Autonomous Emergency Braking (AEB), Lane Keep Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FCW), AEB Inter-Urban, AEB Pedestrian, Auto High Beam (AHB) dan Blind Spot Detection (BSD).

Selain itu, kedua mobil tersebut juga memiliki fitur keamanan standar seperti 2 airbag, ABS, Seat Belt Reminder di baris depan, Isofix di kompartemen belakang, serta teknologi Pedestrian Protection.

Sekedar informasi, unit mobil yang digunakan untuk uji tabrak merupakan tipe terendah dari kedua model tersebut, yakni tipe Active. Meski begitu, Hyundia Creta tipe Active memang memiliki fitur keselamatan yang sedikit lebih lengkap dibandingkan Hyundai Stargazer tipe Active. Selain dual airbag, ABS+EBD, dan ISOFIX, Hyundai Creta tipe Active juga sudah disematkan fitur VSC dan HSA.

Leave a Comment

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

YouTube
YouTube
LinkedIn
LinkedIn
Instagram
WhatsApp